Perkemahan Nasional II, dekatkan Pramuka dengan Sains dan Teknologi


Pramuka Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia akan menggelar Perkemahan Nasional II di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, pada 11-14 Januari ini. Selain menjadi puncak kegiatan kepramukaan, ajang itu juga untuk mendekatkan Pramuka dengan sains dan teknologi.

Pengenalan secara dini akan persoalan sains dan teknologi kepada siswa-siswi sekolah Islam terpadu, katanya, akan mendorong mereka untuk lebih bersemangat dalam mewujudkan cita-cita kemandirian teknologi bangsa. Dengan demikian, kecintaan akan hasil karya anak bangsa pun semakin besar.

“Semua ini akan kita buktikan lewat ajang demonstrasi saat pembukaan. Ada demonstrasi robot, demikian juga ada demonstrasi roket air sehingga pramuka SIT dari seluruh Indonesia tak asing dengan sains dan teknologi masa depan,” katanya.

Lebih lanjut dia menyebut Kemah Nasional Pramuka Ke-II JSIT wujud komitmen JSIT membentuk karakter anak didiknya. Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan karakter generasi muda memiliki cara dan ciri khas tersendiri dalam kegiatannya. Salah satunya adalah dengan kegiatan perkemahan.

Selain sebagai pembinaan diri, perkemahan dapat menumbuhkan sikap kemandirian pada peserta didik, menjalin persahabatan, empati, persaudaraan, menambah wawasan dan uji keterampilan.

“Inilah sebabnya, sejak Kemah Nasional I pada 2008, kami berkomitmen melaksanakan perkemahan secara reguler sebagai upaya pembinaan karakter. Tema Kemnas II kali ini pun adalah Bersama Pramuka SIT Bangun Karakter Bangsa,” katanya.

 

Sumber: http://www.antaranews.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: