Kegiatan Nasional Pramuka-Kominfo kerja sama pendidikan teknologi komunikasi


 

 

 

Jakarta- Senin 7 November 2011,  Gerakan Pramuka bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengenai pendidikan teknologi komunikasi lewat penggunaan internet sehingga generasi muda Pramuka tidak ketinggalan zaman.

“Pramuka adalah sebagai salah satu lembaga pendidikan nilai bagi generasi muda. Melalui kerja sama ini akan dikembangkan paket-paket pelatihan tentang komunikasi sehingga Pramuka juga akan menguasai teknologi komunikasi,” kata Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Azrul Azwar di Jakarta, Senin.
Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Azrul Azwar dan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Freddy Tulung.
Azrul mengatakan, tujuan kerja sama tersebut selain agar Pramuka menguasai teknologi informasi, anggota Pramuka juga menjadi contoh penggunaan internet sehat.
“Masalah generasi muda sekarang ini agak mengkhawatirkan terutama terkait penggunaan internet. Jadi Pramuka akan menjadi contoh penggunaan internet sehat,” kata Azrul.
Menurut Azrul, dengan jumlah anggota sebanyak 20 juta di seluruh Indonesia, Gerakan Pramuka dapat mempengaruhi penggunaan internet sehat di kalangan generasi muda.
Internet saat ini tidak lepas dari kehidupan sehari-hari masyarakat dan sudah menjangkau hingga ke pelosok daerah. Internet selain mempunyai banyak manfaat yang baik juga negatif jika disalahgunakan seperti situs porno.
Lebih lanjut dia mengatakan, kemampuan untuk menguasai internet bagi generasi muda penting terutama jika dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan, mencari bahan pelajaran dan komunikasi yang sehat.
Selain menjadi contoh bagi generasi muda untuk mencegah penggunaan internet yang tidak sehat, penguasaan teknologi informasi juga akan mengangkat citra Gerakan Pramuka yang baru mengalami revitalisasi.
Bentuk kerja sama berupa pembuatan modul-modul mengenai teknologi informasi yang akan diajarkan kepada pembina Pramuka yang nantinya akan meneruskan ke Gugus Depan dan seluruh anggota Gerakan Pramuka.
“Pramuka sebagai gerakan yang mengajarkan pendidikan nilai-nilai moral, kita ingin nilai-nilai yang terkait karakter bangsa ini bisa diwujudkan dan dimasyarakatkan,” ujar Azrul Azwar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: