Kegiatan Daerah, Kegiatan Nasional Gerakan Pramuka Berhasil Pecahkan Rekor Dunia Mengembangkan Bendera Merah Putih di Laut Situbondo


Official World Record menyerahkan sertifikat kepada Waka Kwarnas Gerakan  Pramuka,Amaroso Katamsi sebagai pemecahan rekor
 mengembangkan bendera  Merah Putih sebesar 1.000 m2 dan berhasil membawanya bibir pantai
          Dalam kegiatan yang bertajuk Dive Pramuka Emas 2011, Gerakan Pramuka berhasil mengembangkan Bendera Merah Putih sebesar 1.000 m2 di laut Situbondo pada ahad, Minggu 23/10 di Pantai Pasir Putih, Situbondo. Upaya mengembangkan Bendera Merah Putih itu melibatkan 416 orang penyelam, yaitu dari unsur utama anggota Gerakan Pramuka, TNI AL, Polri dan komunitas penyelam lainnya.
          Kegiatan itu berhasil memecahkan rekor dunia, dan Gerakan Pramuka menerima sertifikat dari Record Holders Republic, yaitu perwakilan Museum Rekor Dunia di Indonesia. Menurut pihak Record Holders Republic, kategori pemecahan rekor tersebut adalah berhasil mengembangkan bendera Merah Putih sebesar 1.000 m2 dan berhasil membawanya bibir pantai.
       Turut menyaksikan kegiatan tersebut Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Amoroso Katamsi, Kepala Staf TNI AL, Wakil Gubernur selaku Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur, Bupati selaku Kamabicab Gerakan Pramuka Situbondo, dan undangan lainnya.
          Dengan pemecahan rekor dunia itu, Official World Record menyerahkan sertifikat kepada Kwarnas yang dalam hal ini diterima oleh Wakil Ketua Kwarnas dan Ketua Pimsaka BahariTingkat Nasional.
          Dive Pramuka Emas 2011 ini dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan peringatan Tahun Emas, 50 Tahun Gerakan Pramuka, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyelenggarakan serangkaian acara kegiatan dalam rangka dapat menambah pengetahuan, keterampilan dan pengalaman Anggota Gerakan Pramuka. Serangkaian kegiatan itu di antaranya Estafet Tunas Kelapa yang saat ini sedang berlangsung di seluruh wilayah Indonesia dan Dive Pramuka Emas Tahun 2011 serta berbagai kegiatan lain termasuk upaya peningkatan kepedulian kepada sesama dan lingkungan sudah dilaksanakan dengan baik.
          Dive Pramuka Emas Tahun 2011 yang diselenggarakan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka bersama Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur ini melaksanakan kegiatan mengembangkan Bendera Merah Putih seluas 1.000 m2 oleh 1.000 penyelam di Pasir Putih, Situbondo, Jawa Tumur.
          Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Prof. Dr. H. Azrul Azwar, M.P.H disela-sela persiapan menyampaikan “Ini merupakan kegiatan yang sangat fenomenal dalam sejarah Gerakan Pramuka, di samping kegiatan lainnya. Hasil karya Anggota Gerakan Pramuka ini patut mendapat apresiasi bagi pelaksana kegiatan Dive Pramuka Emas Tahun 2011, yaitu Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur”, ungkap Kak Azrul Azwar.
          Selain kegiatan mengembangkan Bendera Merah Putih 1.000 m2 itu, kegiatan yang berlangsung tanggal 22 – 23 Oktober 2011 ini, ditempat yang sama juga berlangsung kegiatan Pesta Rakyat Pantai, peresmian terumbu karang Pramuka Emas, dan Estafet Tugas Kelapa yang patakanya sedang dikirap dan diterima oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Situbondo.
          Sebelum acara utama dilaksanakan, yaitu mengembangkan Bendera Merah Putih, terlebih dahulu dilaksanakan upacara peresmian Dive Pramuka Emas 2011. Dalam acara tersebut Kepala Staf TNI Al menyematkan tanda penghargaan Pramuka berupa Lencana Setya Wira Utama kepada Laksda TNI Iskandar Sitompul, SE, Majelis Pembimbing (Mabi) Saka Bahari Tingkat Nasional, Mayjen TNI Afan Burhan, Mabi Saka Wira Kartika Tingkat Nasional, Mayjen TNI Gatot Nurwantyo, Mabi Saka Wira Kartika Jawa Timur, Laksda TNI Ade Supandi, SE, Mabi Saka Bahari Jawa Timur, dan Irjen Pol. Drs. Hadiatmoko, S.H.
Situbondo, 23 Oktober 2011
Sumber: Biro Abdimas dan Humas Kwarnas Gerakan Pramuka – http://pramuka.or.id
Kontak person: HP. 0813-10769003

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: