Rapat Pimpinan Saka Bahari Nasional Peringati Tahun Emas Gerakan Pramuka


 

Cibubur Saturday, oktober 08-2011, Rangkaian Puncak peringatan tahun emas Gerakan Pramuka, ditandai oleh Saka Pramuka Bahari dengan melaksanakan apel besar, kegiatan ini melibatkan ribuan anggota Saka Pramuka Bahari yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Cibubur.


Jajaran Pramuka yang dilibatkan dalam peringatan organisasi sosial kemasyarakatan itu, terdiri dari golongan Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega serta Pembina termasuk melibatkan Jajaran Majelis Pembimbing Cabang dan Ranting.


Dalam apel besar pramuka itu ditandai  dengan pembukaan kegiatan Perkemahan Jum’at Sabtu dan Minggu (Perjusami) yang dibuka langsung oleh Kapinsaka Pramuka Bahari tingkat Nasional, dilanjutkan dengan Pengukuhan Kapinsaka Pramuka Bahari Nasional dan Rapat Pimpinan Saka Pramuka Bahari Nasional yang dibuka langsung oleh Ka Kwarnas, Prof. Dr. dr. Azrul Azwar, MPH.


Pada sambutannya dalam Rapat Pimpinan Kapinsaka Pramuka Bahari Tingkat Nasional mengatakan, selama ini Saka Pramuka Bahari tertidur dan belum bergiat apa-apa, diharapkan kedepan Saka Pramuka Bahari dapat menunjukkan eksistensinya, dengan melakukan berbagai gebrakan dalam pembinaan dan pembentukan karakter generasi muda dalam kegiatan – kegiatan nyata dan produktif.


“Saya melihat semangat yang luar biasa pada upaya yang dilaksanakan oleh Kapinsaka Pramuka Bahari dalam menggiatkan Kebaharian melalui Wadah kepramukaan, karena bagaimanapun kita ingin menghidupkan kejayaan sejarah Saka Pramuka Bahari, sehingga pada momentum penting ini, yaitu diulang tahun ke 50 setengah abadnya pramuka,  saya mengajak kepada seluruh Anggota Pramuka untuk membangkitkan gerakan Pramuka guna membangun generasi bangsa yang baik mampu menghadapi tantangan dan cobaan serta bertanggung jawab kepada bangsa dan negara ini,” ujar Ka Kwarnas.

Ka. Kwarnas berharap wadah kepramukaan dijadikan sarana untuk meningkatkan sumber daya manusia yang mampu melahirkan kader-kader bangsa, mampu meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, dan memanfaatkan momentum pramuka ini sebagai tempat menempa diri, ajang tempat untuk berinteraksi antar sesama manusia,” tegasnya.

Kapinsaka Pramuka Bahari Nasional mengatakan, keberadaan Saka Pramuka Bahari  tidak bisa lepas dari peran pemerintah dan masyarakat, terlebih lagi pada tahun ini akan diadakan kegiatan Perti Saka Nasional di Sebatik yang dipelopori oleh Saka Pramuka Bahari dan diharapkan untuk kegiatan ini Pramuka dapat membantu masyarakat setempat misalnya dengan membangun pengolahan air asin menjadi air tawar dan kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat bagi daerah tersebut.


Melalui ulang tahun emas ini diharapkan jadi momentum untuk  pramuka secara nyata bisa berbuat, berpartisipasi dalam setiap langkah pembangunan  melalui saka-saka, melalui gugus depan “Tentunya kita tidak bisa lepas dari dukungan pemerintah, kolaborasi dengan berbagai instansi dan masyarakat karena kita tahu bahwa antara pemerintah, masyarakat dan pramuka itu sendiri adalah sinergi dalam satu sikap bagaimana kita bisa berbuat untuk membantu membangun daerah ini,” Pramuka tidak boleh mundur, pramuka harus bisa bersaing, ungkap Ka. Kwarnas.

 


Selain mengelar Apel Besar Pramuka dalam Peringatan Hari Pramuka ke 50 di Cibubur, ditampilkan pula gelar aksi Satuan Karya Pramuka Bahari berupa atraksi Senam Balok, marching bands, Kolene senjata  oleh  Saka Bahari yang melibatkan BP2IP di Lapangan Bumi Perkemahan Cibubur. Rencana ke depan akan diadakan lomba yel-yel, mars Saka Pramuka Bahari, sehingga pramuka yang identik dengan permainan saint tidak membosankan, merasa bahwa negara ini milik Pramuka Tidak ada kata lain NKRI harga mati.(Salam Pramuka, NNG93*)

sumber : http://info.tnial.mil.id/dispotmar/tabid/367/articleType/ArticleView/articleId/141/Default.aspx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: