Rp 2 Miliar untuk Majukan Pramuka


TANJUNG SELOR (Kaltim) – Bupati Bulungan Drs Budiman Arifin MSi yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pramuka Bulungan berjanji akan memberikan perhatian lebih pada kegiatan kepramukaan di Bulungan. Untuk itu Pemkab Bulungan menyediakan dana sekitar Rp 2 miliar untuk kegiatan kepramukaan.

Hal itu, disampaikan bupati ketika menyampaikan sambutannya saat menutup Muscab IX Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Sabtu (24/9) lalu. Dia mengatakan, dana itu dianggarkan di APBD-P 2011 ini. Dan akan diberikan hanya kepada gugus depan (Gudep) yang aktif. Sehingga untuk tahap awal ini untuk 2011 ini hanya disalurkan lima puluh persen dari dana yang dianggarkan.

“Jadi untuk 2011 sampai 2012 nanti kita akan anggarkan Rp 2 miliar. Untuk dipergunakan membeli perlengkapan kegiatan seperti tenda, tali, dan perlengkapan lainnya,” ungkap Budiman.

Dan dukungan yang diberikan orang nomor satu di Pemkab Bulungan ini diakuinya hanya bentuk kepedulian kepada kegiatan kepramukaan di bulungan. Kenapa pramuka? Menurutnya pramuka sangat erat kaitannya dengan generasi muda. Sehingga perlu dibina dan dijaga. Sebab generasi muda merupakan penerus bangsa. Apalagi, gerakan pramuka merupakan pendidikan non formal yang bertujuan membentuk watak dan karakter generasi muda agar tidak melakukan hal-hal yang negatif, serta erat juga kaitannya dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM).

“Saya tidak mau generasi muda khususnya di Bulungan lepas kendali, seperti yang kita lihat di media massa. Sehingga perlu dibentuk karekternya, baik melalui pendidikan formal maupun non formal seperti gerakan pramuka ini, Mari kita bina bersama-sama,” ungkap bupati.

Selain itu, katanya kepedulian itu juga mengacu pada UU Pramuka, pramuka sebagai pendidikan formal harus mendapat perhatian kepala daerah. Melalui anggaran itu bupati berharap bisa memotivasi gudep lainnya yang masih “mati suri” karena gudep merupakan ujung tombak pramuka. Dia juga mengatakan masih ada beberapa pekerjaan yang belum terlaksana yaitu, masalah bumi perkemahan dan sekretariat yang sampai saat ini belum terealisasi. (ian)

sumber : www.radartarakan.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: