SCOUT DIVING INDONESIA LAUNCHING DI PASIR PUTIH


Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Jatim   
Rabu, 21 September 2011
 
Selama ini Gerakan Pramuka telah cukup dekat dengan kegiatan alam, salah satunya olah raga selam (diving). Guna meningkatkan partisipasi anggotanya, Gerakan Pramuka bakal melaunching komunitas baru, yakni Scout Diving Indonesia yang akan digelar di Pantai Pasir Putih Situbondo pada 23 Oktober.

Ketua Dewan Kerja Daerah Gerakan Pramuka Kwarda Jatim, Miftakhul Khoiriyah SIKom saat dikonfirmasi, Rabu (21/9) mengatakan, launching itu bakal dilaksanakan berbarengan dengan acara pemecahan rekor selam 1.000 orang dengan kibarkan bendera maerah putih 1.000 meter persegi di dasar laut. Untuk duta selam juga akan hadir artis Indonesia yang juga mantan Putri Indonesia Nadine Chandrawinata.
Dalam kemeriahan acara bertajuk Dive Pramuka Emas 2011, bersamaan ribuan orang yang meyelam bersama itu, bakal hadir pula beberapa pejabat negara. Di antaranya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Andi Alfian Malarangeng dan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar), Jero Wacik.
Ia menuturkan, awalnya yang diagendakan untuk hadir adalah Wapres RI, Boediono. Namun, agar pemecahan rekor dunia itu bisa menjadi sajian hiburan bagi masyarakat tanpa proses protokoler yang rumit, maka hanya dihadiri menteri saja.
Adapun persyaratan bagi peserta yang akan mengikuti acara, yakni berusia minimal 18 tahun atau dibawahnya dengan seizin orangtua/wali, bersertifikat selam min open water, mengusahakan alat selam standar internasional secara mandiri, sehat jasmani dan rohani dinyatakan dengan keterangan dokter dan mengisi form kesehatan.
Selain itu, peserta juga wajib mengisi surat pernyataan bermaterai dengan melampirkan foto ukuran 3 x 4 sejumlah 2 lembar, fotokopi lisensi selam, dan iuran peserta Rp 100 ribu per orang. Untuk pendaftaran bisa menghubungi panitia penyelenggara di Kwarnas, Jl Medan Merdeka Timur No 6 Jakarta, telp (021) 3507645 dan Fax (021) 3507647, email:kwarnas@pramuka.or.id. Untuk pendaftaran pada panitia pelaksana bisa melalui Kwarda Jatim, Jl Raya Kertajaya Indah 77A Surabaya, telp (031) 5924940 Fax (031) 5947384, email: ghoz@yahoo.com.
Ia menuturkan, rangkaian Dive Pramuka Emas 2011 itu merupakan rangkaian peringatan HUT Gerakan Pramuka ke 50 dan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 83. Menurut dia, pemecahan rekor ini menjadi unjuk gelar potensi olahraga bahari khususnya selam di Indonesia dan upaya pengembangan potensi wisata bahari di Pantai Pasir Putih, serta menjadi wujud bakti Pramuka dan komunitas penyelam kepada Bangsa Indonesia.
Kegiatan ini didukung oleh Kemenpora, Kemenbudpar, Kemenhub, Kemen Kelautan dan Perikanan, TNI AL dan Polri, Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI), dan Komunitas penyelam di Indonesia. Rangkaian acara dilaksanakan dua hari. Pertama pada Sabtu 22 Oktober dimulai pukul 08.00-10.00 WIB gladi bersih pengembangan merah putih 1.000 m2 dilanjutkan fun dive hingga pukul 12.00 WIB. Malam harinya pada pukul 20.00-21.00 WIB akan dilakukan night dive (selam malam) yang diikuti peserta yang mendaftar secara khusus.
Di puncak acara atau hari kedua, pengembangan merah putih 1.000 m2 dilakukan pukul 08.00-10.00 WIB. Dilanjutkan dengan acara pesta rakyat pantai dan peresmian terumbu karang pramuka emas, estafet tunas kelapa, serta penyerahan piagam hingga pukul 12.00 WIB. (afr)

 

sumber : www.jatimprov.go.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: